6 Tips Modifikasi Mobil Agar Harga Jual Masih Tinggi

Oleh Dian Hadi Kusuma | 27/04/2015
6 Tips Modifikasi Mobil Agar Harga Jual Masih Tinggi

Modifikasi Mobil Bisa Turunkan Harga Jual. Di Indonesia banyak sekali masyarakat yang gemar memodifikasi kendaraannya, baik sepeda motor maupun mobil. Modifikasi dilakukan karena sang pemilik sudah bosan dengan tampilan standar kendaraannya dan ingin tampil lebih beda dari lainnya. Bahkan beberapa pemilik mobil ataupun motor rela menghabiskan banyak biaya untuk memodifikasi kendaraan miliknya agar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Di pasaran, banyak penjual yang menawarkan beragam komponen dan aksesoris kendaraan dengan harga yang sangat bervariasi. Mulai dari merek lokal hingga merek ternama. Hal ini memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan untuk memilih aksesoris-aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi.

Apabila Anda berniat untuk memodifikasi mobil, Anda harus memahami beberapa hal. Tidak selamanya modifikasi tersebut menguntungkan bagi mobil dan diri Anda sendiri. Ada beberapa teknik modifikasi yang justru dapat membuat harga mobil Anda turun drastis ketika dijual. Lalu apa saja modifikasi yang dapat membuat harga jual mobil menjadi turun? Berikut adalah enam modifikasi mobil yang dapat menurunkan harga jual:

1. Ganti cat warna unik

Banyak orang yang melakukan penyegaran pada mobilnya dengan melabur body menggunakan cat warna unik seperti bunglon, xyralic ataupun airbush. Sekilas memang mobil menjadi terlihat lebih beda dan menarik. Akan tetapi hal tersebut akan menjadi masalah tersendiri ketika Anda menjual mobil. Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk mencari calon pembeli lantaran tidak semua orang menyukai cat warna unik. Selain itu, mengecat ulang bodi juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Tips Modifikasi Mobil 2

2. Pasang body kit

Selain mengganti cat mobil, menambahkan body kit juga banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Ada berbagai macam teknik memasang body kit, seperti dibaut di bumper asli atau hanya ditempel, memodifikasi bumper asli hingga ganti bumper. Akan tetapi proses pemasangannya harus dilakukan hati-hati. Jika dilakukan asal-asalan dapat membuat bodi mobil rusak sehingga harga jual menjadi taruhannya.

3. Pasang instrumen tambahan

Perlu Anda ketahui, memasang instrumen tambahan seperti fuel pressure, oil temperature, voltmeter dan lain-lain justru dapat membuat harga mobil turun. Sebab, pemasangan peranti tersebut mengharuskan Anda untuk memodifikasi sistem kelistrikan mobil. Apabila instalasinya salah tentu dapat mempengaruhi kinerja komponen mobil lainnya.

4. Cat dasbor

Bagi kebanyakan orang, mengganti pelapis jok dengan bahan kulit asli atau imitasi dapat mempercantik tampilan interior mobil. Dan akan lebih rapi lagi apabila dasbor dibuat sewarna dengan cara mengecatnya. Tetapi pengecatan dasbor bersifat permanen. Dengan kata lain tidak dapat dikembalikan seperti semula. Hal ini juga dapat mempengaruhi harga jual mobil Anda.

5. Pelek besar

Menggunakan pelek berdiameter besar pada mobil dapat membuat tampilan mobil menjadi jauh lebih menarik. Akan tetapi dalam beberapa kasus hal tersebut diikuti dengan modifikasi sepatbor. Sebagai contoh dengan melipat bibir sepatbor atau dengan menggembungkan area sepatbor supaya tidak bersentuhan dengan ban mobil. Mobil yang telah dimodifikasi sepatbornya secara kasat mata dapat dilihat dengan mudah. Hal ini berarti sudah dilakukan perusakan bodi.

6. Audio

Beberapa orang tidak puas dengan performa audio standar pabrikan. Oleh karena itu ada yang memutuskan untuk memodifikasi audio agar dapat menghasilkan suara yang sempurna. pada umumnya perangkat audio yang mumpuni dapat meningkatkan harga jual mobil.

Akan tetapi cara pemasangan adalah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Apabila pemasangannya merusak bagian mobil seperti door trim atau dasbor, justru akan membuat Anda rugi saat menjualnya suatu saat nanti. Sebab biaya yang dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula cukup banyak.

Source: mobil modif, cat ulang mobil harga jual turun, cat ulang turun harga, jual body mobil, modif mobil, modifikasi mobil harga jual tinggi, modifikasi yg menurunkan harga mobil, saat mobil di cat ulang apa akan mempengaruhi harga jual,