Toyota Kijang Innova Masuki Segmen Mobilio Dengan “Cross”

Oleh Dian Hadi Kusuma | 27/04/2015
Toyota Kijang Innova Masuki Segmen Mobilio Dengan “Cross”

Toyota Kijang Innova Cross Pesaing Mobilio Ertiga. Persaingan di dunia otomotif memang tidak pernah padam. Hingga saat ini para produsen mobil di dunia terus mengembangkan teknologi dan menghadirkan inovasi terbarunya pada produk-produk yang mereka jual. Alhasil banyak dijual mobil yang memiliki segudang fitur canggih dengan harga yang beragam.

Ketatnya persaingan di dunia mobil terjadi di hampir semua segmen, tak terkecuali segmen mobil sejuta umat atau juga dikenal dengan istilah MPV (Multi Purpose Vehicle).

Tahun 2014 kemarin, Honda merilis mobil keluarga andalan terbarunya yang dinamai Honda Mobilio. Hal ini rupanya membuat perubahan besar di pasar MPV dunia, tak terkecuali di Tanah Air. Jika sebelumnya penjualan didominasi oleh saudara kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, kini berubah setelah kehadiran Honda Mobilio.

Dari sekian banyak MPV yang dipasarkan di Tanah Air, Suzuki Ertiga merupakan MPV yang dapat bertahan di tengah sengitnya persaingan tersebut.

Agar keberadaannya tidak terusik oleh kehadiran Honda Mobilio, Toyota mempersiapkan strategi jitu. Salah satunya adalah menghadirkan satu varian baru yang telah dipersiapkan untuk pasar MPV. Mobil tersebut rupanya mewarisi sedikit DNA dari Toyota Kijang Innova.

Menrut kabar yang dilansir motorbeam belum lama ini, varian terbaru yang menjadi calon pesaing Honda Mobilio ini memiliki versi yang disebut Innova Cross. Mobil ini dikembangkan dengan mengadopsi konsep yang diterapkan pada Toyota Etios Cross, yakni body cladding dan roof rails.

Toyota Innova Cross 2016 2

Kehadiran Innova Cross nantinya akan menempati segmen yang sama dengan mobil berkapasitas tujuh penumpang andalan Honda dan pastinya dengan harga jual yang sangat kompetitif. Hal ini dapat menjadi masalah besar bagi Mobilio yang membuat Honda harus mengatur strategi khusus untuk meredam persaingan tersebut.

Di Tanah Air, segmen MPV dikenal sebagai segmen yang menguntungkan bagi perusahaan otomotif. Penjualannya yang cukup tinggi membuat banyak merek mobil tertarik untuk memasarkan MPV-nya di Indonesia. Segmen ini didominasi oleh merek asal Jepang. Namun harga jualnya cukup bervariasi sehingga calon konsumen dapat memilih kendaraan yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Automaker raksasa asal Negeri Bunga Sakura, Toyota memiliki beberapa model MPV yang dipasarkan di Indonesia. Toyota Kijang Innova adalah salah satu di antaranya. Toyota Kijang Innova merupakan generasi penerus Toyota Kijang yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia pada tahun 1990-an. Lalu pada tahun 2003 Toyota mengganti Kijang dengan Toyota Innova yang memiliki tampilan lebih modern, sporty dan agresif.

Mobil terbaru Toyota ini memiliki dimensi yang lega sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Toyota Kijang Innova memiliki panjang 4.585 mm, dengan lebar sebesar 1.760 mm dan tinggi mencapai 1.750 mm.

Ada beragam spesifikasi menarik yang disematkan pada mobil ini. Sebagai contoh, pada bagian eksteriornya Kijang Innova dibekali dengan rear roof spoiler yang hadir dengan desain gagah, serta new gallant grille & bumper yang membuat tampilan mobil ini semakin memukau dan sporty.

Sedangkan untuk fitur hiburannya, Toyota membenamkan LCD Panel yang akan membuat perjalanan Anda menjadi jauh lebih menyyenangkan. Selain itu disematkan pula steering wheel yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan saat mengendarai Kijang Innova.

Di pasar otomotif nasional, Toyota Kijang Innova hadir dalam beberapa varian, yakni Kijang Innova G, Kijang Innova V, Kijang Innova J, Kijang Innova E, Kijang Innova G dan Luxury. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Tanah Air menjual New Kijang Innova mulai dari Rp 228,5 jutaan.

Img source: http://www.motorbeam.com

Source: kijang innova terbaru 2016, mobil innova terbaru 2016, innova cross, spesifikasi innova 2016, harga kijang innova cross, innova cross indonesia, inova cross,