Desain Honda Jazz Versi Station Wagon Bocor Ke Publik!

Oleh Dian Hadi Kusuma | 27/04/2015
Desain Honda Jazz Versi Station Wagon Bocor Ke Publik!

Mobil Honda Jazz Shuttle Terbaru 2015. Beberapa waktu yang lalu, dunia otomotif dihangatkan dengan pembicaran bocornya sebuah patent desain dari sosok mobil baru besutan automaker asal Jepang, Honda. Mobil tersebut merupakan model station wagon yang rupanya dikembangkan dari sosok MPV mewah salah satu anggota dari keluarga Honda Jazz.

Mobil baru tersebut dinamai Honda Jazz Shuttle. Mobil ini mewarisi tampilan Jazz namun hadir lebih panjang. Honda Jazz Shuttle pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 oleh Japanese Domestic Market (JDM). Secara line-up mobil ini merupakan seri kedua dari generasi hatchback Honda.

Beberapa gambar dari Honda Jazz Shuttle terbaru telah diterbitkan oleh JDM. Diprediksi gambar tersebut akan menjadi versi prodksi Jazz Shuttle nantinya.

Honda Jazz Shuttle sebelumnya lebih dikenal dengan nama Honda Airwave. Bersamaan dengan generasi ketiga Honda Jazz, tampaknya mobil tersebut akan kembali hadir dengan tampilan yang jauh lebih modern dan memadukan tampilan Jazz, Mobilio, serta sedikit sentuhan Odyssey.

Mobil ini dibekali dengan 2-3 projector lens dan LED DRL (Daytime Running Light), sementara pada Jazz RS hanya hadir dengan 1 projector lens dan tanpa adanya LED DRL. Desain bumper Jazz Shuttle terlihat lebih menawan dan segar. Bagian grille juga tak kalah menarik, lengkap dengan garis-garis horizontal ang membedakan dari bumper depan dan grille berwarna piano black yang diadopsi dari Honda Jazz.

Agar tampilannya terlihat sedikit lebih tinggi, Honda Jazz Shuttle dibekali dengan roof rail di bagian atap, beserta antena shark fin dan roof spoiler. Secara keseluruhan tampilan Jazz Shuttle ini cukup memanjakan siapa saja yang melihatnya.

Melihat tampilan sudut-sudut di bagian pinggir, tampak jelas Honda Jazz Shuttle yang memiliki bodi besar ini mengadopsi lekukan-lekukan tajam yang mirip dengan Jazz. Akan tetapi jika dilihat dari segi dimensi tampilannya seperti MPV (Multi Purpose Vehicle) Honda Mobilio. Konsep yang diusung Honda pada Jazz Shuttle terbaru ini memang tampak jauh lebih modern dan memukau dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Honda Jazz Shuttle 2015 2

Beralih ke bagian interior, Honda Jazz Shuttle ini tak jauh berbeda dengan Honda Jazz untuk pasar Jepang. Mobil ini tidak dilengkapi dengan audio sebagai fitur standarnya. Namun tidak hadirnya fitur audio merupakan hal yang wajar di Negeri Bunga Sakura itu, walaupun pada video promo Shuttle di situs resmi Honda Jepang, Jazz Shuttle ditampilkan dengan sistem audio in-dash yang tampak canggih.

Kendati demikian tampilan interiornya terlihat lebih menawan dengan dekorasi panel kayu berwarna hitam, dengan tuas transmisi yang futuristik sebagai identitas untuk varian Hybrid.

Menariknya, Honda Jazz Shuttle ini jauh lebih praktis dari hatchback Honda Jazz. Di samping dimensi kabin dan bagasi yang lebih lega, disemtkan pula fitur ultra seat seperti pada model sebelumnya. Tidak hanya itu saja, di balik sandaran jok belakangnya terdapat tempat penyimpanan untuk meletakkan baran-barang bawaan.

Sementara melirik sektor performanya, Honda Jazz Shuttle akan dipersenjatai dengan mesin yang sama dengan Fit hybrid atau Grace hybrid, yakni 1.500 cc 4 silinder. Dapur pacu tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 PS dengan torsi puncak mencapai sebesar 134 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik bertenaga 29,5 PS dan torsi 160 Nm.

Jika ditotal, tenaga yang dapat dihasilkan mencapai sebesar 139,5 PS dengan torsi maksimal mencapai 294 Nm. Sistem perpindahan gigi atau transmisinya menggunakan kopling ganda i-DCD (intelligent-Dual Clutch Drive) 7-percepatan. Selain itu Honda Jazz Shuttle ini ditawarkan dalam penggerak roda 4WD.

Rencananya mobil ini baru dirilis pada tanggal 15 Mei mendatang. Walaupun wujudnya telah dibocorkan, namun pihak Honda masih belum mengungkapkan berapa harga dari Honda Jazz Shuttle ini.

Lalu akankah Honda Jazz Shuttle di Indonesia dipasarkan? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air.

Jika, dipasarkan di Indonesia, bisa jadi Honda Jazz Shuttle akan menjadi salah satu pilihan menarik bagi konsumen MPV yang menginginkan mobil dengan tampilan modern dan menarik. Akan tetapi mengingat mobil ini hanya dapat memuat lima penumpang saja, mungkin tidak akan cocok dengan selera beberapa konsumen mobil di Indonesia. Wajar saja, kebanyakan masyarakat lebih menyukai mobil 7-seater yang dapat menampung penumpang lebih banyak dibandingkan Jazz Shuttle.

Source: daftar harga honda fit shuttle station wagon di indonesia, mobil honda 2015 model station,