New Kia Picanto Dan Kia Rio Terbaru Di Indonesia

Oleh Stefiyan Dwicahyo | 28/04/2015
New Kia Picanto Dan Kia Rio Terbaru Di Indonesia

New Kia Picanto Dan Kia Rio Facelift Baru. Kabar gembira datang dari salah satu produsen mobil asal Korea Selatan, Kia. Pasar otomotif nasional akan kembali kedatangan mobil baru dari Kia. Rencananya dalam waktu dekat PT Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek (APM) Kia di Tanah Air akan merilis dua mobil baru sekaligus. Kedua mobil tersebut adalah Kia Rio dan Picanto yang akan hadir meramaikan pasar mobil baru Indonesia dalam hitungan bulan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Hartanto Sukmono, yang menjabat sebagai Direktur Marketing KMI. Ia mengatakan, dari dua model yang akan diluncurkan, kemungkinan Kia Rio yang akan hadir lebih dulu.

“Ya, dalam waktu dekat. Mungkin Rio duluan,” ujar Hartanto. “Ya, mudah-mudahan nanti mungkin bulan-bulan depan.”

Kia Rio terbaru telah mendapat beberapa sentuhan perubahan minor pada sisi eksteriornya. Hatchback andalan automaker asal Negeri Gingseng ini mengawali debut perdananya pada perhelatan Chicago Auto Show 2015.

Lalu kapan waktu pasti diluncurkannya kedua mobil tersebut? Menurut salah seorang sumber dari KMI mengungkapkan bahwa Kia Rio akan dirilis pada semester pertama tahun ini. Dengan demikian, kemungkinan Rio akan mengaspal antara bulan Mei dan Juni 2015.

Kia Picanto 2015

Sama seperti saudaranya, Kia Picanto juga mendapat sejumlah sentuhan ubahan kecil (facelift minor). Perubahan terlihat pada bagian bumper depan yang memiliki desain baru. Bumper tersebut ditemani oleh fog lamp atau lampu kabut berbentuk bulat. Sementara bumper bagian belakang memiliki tampilan yang lebih segar dan agresif. Berbicara mengenai fitur, Kia Picanto dibekali dengan fitur terbaru yakni Cruise Control.

Kia Picanto ini nanti diharapkan dapat hadir di Tanah Air tidak lama setelah Rio, yakni pada semester kedua tahun 2015 ini.

Sekedar informasi, Kia Rio di Indonesia pada awal Desember 2011 silam. Mobil hatchback ini dihadirkan untuk menyaingi keberadaan Honda Jazz, Ford Fiesta dan Mazda yang sudah lebih dahulu berkiprah di pasar otomotif nasional. Kia Rio hadir dengan penampilan khas mobil Eropa yang ramah lingkungan dengan tingkat emisi gas buang yang rendah.

Melihat dimensinya, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.045 mm, dengan lebar 1.720 mm dan tinggi mencapai 1.455 mm. Dimensinya cukup lebar dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Pada tampilan depannya, Rio dibekali dengan headlamp LED dan fog lamp. Sedangkan bagian bodinya disematkan Ultra High-Strength Steel yang membuatnya lebih kebal dari tabrakan.

Pada bagian interiornya Kia Rio memiliki tata letak yang baik dan lega. Bagian kemudinya telah dilengkapi dengan teknologi Telescopic steering wheel. Selain itu hadir pula fitur power steering, MP3, CD, Bluetooth, USB, single airbag, ABS, dan lain-lain.

Pada sektor performanya, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.400 cc, CVVT, DOHC, 4 silinder dengan 16 katup. Berbekal mesin tersebut Kia Rio dapat menghasilkan tenaga sebesar 107 ps pada putaran 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 14 Nm pada 4.200 rpm. Terdapat dua pilihan transmisi yang ditawarkan, yakni manual dan otomatis dengan 4-percepatan bersistem 6 FWD.

Sedangkan untuk Kia Picanto mengandalkan mesin 1.2 liter dengan teknologi DOHC dual CVVT sebagai sumber tenaganya. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 87 hp. Konsumsi bahan bakarnya diklaim irit hingga mencapai 19 km/liter. Sama halnya dengan Kia Rio, Picanto ditawarkan dalam dua sistem transmisi, yakni otomatis dan manual.

Mobil yang pertama kali diproduksi pada tahun 2011 ini memiliki beberapa perlengkapan pada bagian interiornya. Di antaranya, sistem audio dengan pengatur AC. Sedangkan meter clusternya dilengkapi dengan odometer digital dan fitur ECO mode. Baca juga artikel lain mengenai mobil kia yang satu ini, Kia Rio Terbaru Rilis Di Australia Duluan & Kia Rio Dan Picanto 2015 Di Indonesia.

Source: