3 Mobil Hatchback Terbaik Dari Jepang Di Indonesia

Oleh Stefiyan Dwicahyo | 28/04/2015
3 Mobil Hatchback Terbaik Dari Jepang Di Indonesia

Pilihan Mobil Hatchback Terbaik. Merupakan rahasia umum bahwa pasar otomotif nasional didominasi oleh merek-merek Jepang, seperti Honda, Toyota dan mazda. Persaingan ketiga produsen mobil tersebut semakin lama semakin sengit.

Sebagai contoh, di segmen hatchback ketiga produsen mobil ini sama-sama menurunkan model andalannya, seperti All New Toyota Yaris, All New Honda Jazz dan All New Mazda 2. Ketiga hatchback ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga memanjakan para pecinta hatchback di Tanah Air.

Mobil baru tersebut memiliki spesifikasi yang hampir sama. Hanya saja, tampilannya memiliki ciri khas tersendiri, dengan pembaruan dan penyegaran yang terus dilakukan oleh pabrikan. Menjelang pertengahan tahun 2015, ketiga hatchback tersebut tetap memiliki banyak konsumen di Indonesia.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli salah satu dari mobil tersebut, berikut adalah beberapa komparasi dari ketiga model hatchback kompak menurut segi kenyamanan, fun to drive, performa, desain, fitur dan harga.

1. Kenyamanan

Tampilan interior Honda Jazz terlihat lebih segar dan elegan berkat sentuhan ubahan yang dilakukan di beberapa bagian. Honda Jazz memang memiliki keunggulan dalam hal kenyamanan di beberapa sisi. Hal ini membuat Toyota Yaris dan Mazda 2 harus mengakui kelebihan Jazz.

Adanya sisi legroom dan headroom membuat kenyamanan Honda Jazz lebih maksimal. Hal inilah yang tidak ada pada Mazda 2 dan Toyota Yaris, sebab keduanya lebih sempit. Mazda 2 menjadi yang terendah karena paling sempit dari Jazz maupun Yaris.

2. Fun to drive

Hatchback Mazda2 2015

Artikel Terkait : Kelebihan Honda Jazz

Dalam hal ini, Mazda 2 menjadi yang paling unggul karena memiliki handling yang presisi dan respon yang baik dari tarikan mesin. Mobil berpenampilan sporty ini cocok untuk dikendarai oleh kalangan berumur 20-40 tahun. Adanya Dynamic Stability Control membuat Mazda 2 semakin unggul dalam hal ini.

Akan tetapi hal ini dirasa kurang maksimal pada All New Toyota Yaris. Hatchback andalan Toyota ini memiliki sisi visibility yang tidak lebih baik dari kedua kompetitornya. Tak mau kalah, di segi fun to drive, Honda Jazz dirasa nyaman untuk dikendarai berkat menggunakan CVT.

3. Performa

Dalam hal ini, hampir tidak ada yang perbedaan signifikan dari ketiga model hatchback tersebut. Ketiganya menggunakan mesin yang serupa, yakni berkapasitas 1,5 liter. Perbedaan baru terlihat saat mencermati tenaga dan konsumsi BBM masing-masing.

Honda Jazz diklaim dapat menghasilkan tenaga 120 hp. Lebih unggul dari Mazda yang memiliki tenaga 115 hp dan Toyota yaris yang bertenaga 109 hp. Dalam hal keiritan BBM, Mazda 2 yang dibekali dengan SKYACTIV menjadi jawaranya. Mobil ini dapat menghemat konsumsi bensin hingga 18,5 km/liter untuk penggunaan jalan Tol. Sedangkan Honda Jazz hanya mencapai 17,2 km/liter dan Toyota Yaris harus puas dengan konsumsi 17,0 km/liter.

4. Desain

Melihat desainnya, ketiga mobil ini sama-sama tampil dengan wajah yang benar-benar baru. Toyota Yaris yang berubah paling signifikan hadir dengan grille baru serupa dengan milik Toyota Camry. Bahkan banyaknya perubahan yang ada membuat Yaris nyaris berbeda dengan generasi pendahulunya.

Sementara Honda Jazz dan Mazda 2 tidak memiliki perubahan sebanyak Yaris. Dalam hal ini Honda Jazz harus berada di peringkat terbawah karena grille miliknya sama persis dengan CR-V yang membuatnya jauh dari kesan baru. Untuk Mazda 2 memiliki keunggulan di bagian interior yang membuatnya lebih menarik.

Baca Juga : Kelebihan Toyota Yaris

5. Fitur

Melihat fitur-fiturnya, Honda Jazz tidak lebih unggul dari Toyota Yaris dan Mazda 2 yang berada di peringkat atas. Honda Jazz hanya memiliki fitur baru Start/Stop yang tidak cukup untuk menyaingi kedua kompetitornya.

Sementara Mazda 2 hadir lebih mewah berkat Head up Display, auto wiper, voice command, MZD connect, i-ACTIVESENSE dan beberapa automatisasinya yang tidak dimiliki Yaris maupun Jazz. Untuk Yaris dibekali dengan beberapa fitur seperti air gesture dan auto-light pada varian Yaris Sportivo.

6. Harga

Harga jual ketiga hatchback ini bisa dibilang seimbang, sebab tidak memiliki selisih yang jauh. Untuk All New Honda Jazz CVT dijual Rp 252,5 juta. Sedangkan All New Toyota Yaris TRD Sportivo R Rp 265,2 juta dan All New Mazda 2 GT Rp 276 juta.

Baca juga : Kelebihan Mobil New Mazda2

Source: mobil hatchback terbaik, hatchback terbaik, hatchback terbaik 2015, mobil hatchback terbaik 2016, mobil hatchback terbaik di indonesia, mobil hatchback, mobil hatchback paling nyaman, hatchback terbaik 2016, mobil hatcback terbaik, hatchback terbaik di indonesia,