Panduan Membeli Mobil Chevrolet Spin Bekas

Oleh Ayunda Devi | 28/04/2015
Panduan Membeli Mobil Chevrolet Spin Bekas

Membeli Mobil Chevrolet Spin Bekas. Beberapa waktu yang lalu berita otomotif di Tanah Air dihangatkan dengan kabar penutupan pabrik perakitan Chevrolet Spin di Bekasi. Hal ini ternyata membuat calon pembeli Chevrolet Spin baru khawatir. Bahkan pemilik MPV (Multi Purpose Vehicle) andalan Chevrolet ini juga merasakan hal yang sama, terutama jaminan ketersediaan spareparts.

Berdasarkan informasi yang berkembang, PT General Motor Indonesia (GMI) selaku agen pemegang merek (APM) Chevrolet di Tanah Air menyatakan bahwa ketentuan garansi dan ketersediaan suku cadang Chevrolet Spin tetap sama, tidak mengalami perubahan apapun. Dengan demikian aftersales service Chevrolet Spin tidak serta-merta berhenti saat pabrik perakitannya ditutup.

Bagi Anda yang berminat membeli Chevrolet Spin bekas, Anda bisa mempertimbangkan Spin 1.3 Diesel transmisi manual. Varian tersebut hingga saat ini masih menjadi incaran banyak orang di pasar mobil bekas. Harga Chevrolet Spin 1.3 LTZ M/T lansiran 2013 di pasaran mencapai Rp 165 jutaan. Hanya saja mobil ini agak sulit ditemukan di showroom mobil bekas.

Walaupun Chevrolet Spin 1.3 Diesel hanya ditawarkan dalam transmisi manual, akan tetapi mesin diesel yang digunakan mobil ini sangat memuaskan. Dapur pacu tersebut mempunyai torsi yang melimpah dan cocok untuk digunakan di jalanan yang padat atau “stop and go”. Di samping itu mesin ini terbilang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Kendati demikian ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat hendak membeli mobil ini dalam kondisi bekas. Pertama, PT GMI pernah melakukan recall terhadap lebih dari 10.000 unit Chevrolet Spin yang ada di Tanah Air. Penyebabnya adalah ditemukannya gangguan pada katup ventilasi di sistem bahan bakar sehingga harus dilakukan penggantian. Selain itu pelindung fuse box juga mengalami masalah.

Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2013 2

Oleh karena itu, setelah membeli ada baiknya untuk segera membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan apakah mobil tersebut termasuk ke daftar recall atau tidak. Jika termasuk dan belum dilakukan perbaikan, maka dapat dilakukan penggantian secara gratis di bengkel resmi Chevrolet.

Selanjutnya, bagian yang harus Anda periksa adalah kondisi kaki-kaki. Bisa jadi mobil tersebut dulunya sering digunakan untuk perjalanan jauh atau kerap melintasi jalanan rusak atau membawa beban berat. Hal tersebut pastinya dapat menyebabkan kaki-kaki bekerja ekstra sehingga keausan atau kerusakan sangat mungkin terjadi.

Yang terakhir, jangan lupa untuk memeriksa buku catatan servis bengkel resmi. Usia mobil yang tergolong masih muda akan semakin memudahkan Anda untuk mengetahui apakah pemilik sebelumnya merawat mobil dengan baik atau tidak. Dengan demikian Anda akan semakin yakin bahwa mobil yang hendak Anda beli memang benar-benar dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan apapun.

Sebagai informasi, Chevrolet Spin memiliki ukuran panjang 4.360 mm, dengan lebar 1.735 mm dan tinggi mencapai 1.664 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.620 sedangkan ground clearance 157 mm.

Untuk urusan performanya, Chevrolet Spin 1.3 Diesel dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 1.248 cc, 4 silinder, Commonrail Direct Injection turbo, MPFI diesel. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 75 PS pada putaran 4.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 115 Nm pada putaran 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda melalui sistem transmisi manual 5-percepatan. Baca juga panduan membeli kendaraan lainnya, Panduan Beli Mitsubishi Mirage Bekas dan Panduan Beli Motor Yamaha Jupiter MX Bekas.

Berikut adalah spesifikasi Chevrolet Spin LTZ 1.3 Diesel:

  • Mesin : 1,3 Lt diplacement 1.248 , 4 silinder
  • Teknologi : commonrail direct injection turbo
  • Fuel system : MPFI diesel
  • Power maks : 75 PS di 4000 rpm
  • Torsi maks : 190 PS di 1750 sd 2500 rpm
  • Transmisi : manual
  • Fitur rem tambahan : ABS+EBD
  • door handle : chrome
  • seat cloth : lumini & light
  • steering wheel : ditambah silver trim plate
  • Fog ligh : depan dan belakang
  • Grille Depan : chrome
  • Roof Rail : silver
  • stir : power steering
  • Rem depan :ventilated disk
  • Rem belakang : Drum
  • Suspensi depan : McPherson coil spring- stabilizer – presurized shock absorber
  • Suspensi belakang : Torsion Beam coil spring – stabilizer – presurized shock absorber

Source: beli chevrolet spin bekas menguntungkan ga?, panduan membeli mobil chevrolet, kabar berita mobil bekas chevrolet spin, tips membeli mobil spin bekas, tips beli chevrolet spin bekas, tips beli chevrolet, tip beli cevy spin bekas 2016, rugi kah beli mobil spin, recall servis chevy spin indonesia, perawatan cheverolet spin,