Panduan Membeli Mobil Mazda2 Bekas

Oleh Ayunda Devi | 28/04/2015
Panduan Membeli Mobil Mazda2 Bekas

Membeli Mobil Mazda2 Bekas. Hingga saat ini pasar mobil bekas tidak pernah sepi peminat. Harga jual yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli mobil dalam kondisi baru menjadi salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang memilih mobil bekas.

Bagi Anda yang ingin mencari hatchback bekas, Anda dapat menyertakan Mazda2 sebagai salah satu pilihan menarik untuk dipertimbangkan. Mazda2 merupakan kendaraan hatchback lima kursi, front-wheel-drive subcompact. Mobil ini memiliki kualitas yang baik sehingga menjadikannya sebagai hatchback banyak diminati masyarakat.

Baik Mazda2 lansiran tahun 2011 maupun 2012 sama-sama memiliki tampilan yang mengesankan. Desain eksteriornya cukup menarik untuk dilihat, dengan bentuk yang kokoh dan lekukan yang sporty.

Melihat tampilan depannya, mobil ini dipermanis dengan grille berdesain unik, lengkap dengan fender, lampu depan, bumper dan air intake. Mazda2 ini menggunakan roda berukuran 15 inci. Tampilannya semakin menarik berkat spion samping dengan lampu signal, gagang pintu, side spoiler dan roof spoiler yang dibuat sewarna dengan bodi mobil.

Berbicara mengenai dimensi, Mazda2 hatchback memiliki panjang 3.903 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tinggi mencapai 1.728 mm. Mobil tersebut memiliki wheelbase 2.490 mm dengan ground clearance setinggi 147 mm.

Tips Beli Mazda2 Hatchback Bekas 2

Melihat sektor pacunya, Mazda2 hatchback dipersenjatai dengan mesin 1.5 liter double-overheat-cam 16-valve 4-silinder. Mesin tersebut memberikan banyak fleksibilitas dalam memberikan torsi pada rpm rendah dan horsepower pada rpm tinggi. Berbekal mesin ini, Mazda2 dapat menghasilkan tenaga hingga 100 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi mencapai 98 pound-feet pada 4.000 rpm.

Mobil ini cukup hemat dalam hal konsumsi bahan bakar. Selain itu akselerasi dan handling-nya responsif sehingga menarik untuk dikendarai.

Jika Anda berniat untuk membeli Mazda2 dalam kondisi bekas, jangan lupa untuk mencermati beberapa bagian mobil ini sehingga Anda tidak menyesal dikemudian hari. Mana saja bagian-bagian yang perlu diperhatikan?

1. Mesin

Memeriksa kondisi mesin merupakan hal yang harus Anda lakukan. Cermati apakah ada lelehan oli atau tidak. Dengarkan suara mobil ketika idle dan cari tahu apakah ada getaran berlebih. Apabila pemilik sebelumnya adalah anak muda, Anda perlu berhati-hati dalam memeriksa. Pasalnya anak muda pada umumnya gemar melakukan modifikasi, baik sebatas mengubah tampilannya atau bahkan menambah tenaga mesin.

2. Pelek

Dalam kondisi standar pabrik, hatchback ini menggunakan pelek profil 45. Ban profil tipis dapat memberikan pengendalian yang mudah. Akan tetapi hal tersebut justru dapat membuat pelek mudah rusak jika sering digunakan untuk melintasi jalanan yang rusak ataupun berlubang. Oleh karena itu cermati kondisi pelek mobil yang hendak Anda beli.

Periksalah apakah kondisi pelek masih baik atau tidak. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab, penggantian pelek asli membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Transmisi

Apabila Anda memilih Mazda2 bertransmisi otomatis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa sistem transmisi otomatis pada Mazda2 masih cukup konvensional dan tidak disertai dengan moda perpindahan secara manual. Jika Anda adalah orang yang suka mengendarai mobil secara agresif, ada baiknya untuk memilih Mazda2 varian transmisi manual. Sekali lagi saat hendak membeli mobil, pilihlah yang sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Sistem audio

Mazda2 hatchback memiliki kelebihan dalam hal sistem hiburannya. Oleh karena itu perhatikan seluruh fitur yang ada pada mobil tersebut. Pastikan semua fitur masih berfungsi dengan baik. Di samping itu, pastikan pula layar monitor pada mobil ini masih bersih dan terbebas dari goresan kuku maupun benda tajam.

Demikian adalah beberapa tips membeli Mazda2 bekas. Baca juga panduan membeli mobil lainnya, Panduan Beli Mitsubishi Mirage Bekas dan Panduan Beli Mobil Chevrolet Spin Bekas.

Source: mazda 2 bekas, tips membeli mazda 2 bekas, tips membeli mazda2 bekas, modifikasi mobil mazda 2 tahun 2011, jual bekas mobil mazda 2, harga mobil mazda bekas, mobil bekas mazda2, pasaaran mazda 2 bekas, pengalaman punya mazda 2 bekas, riview mazda2 bekas,