Keuntungan Cek Berkala Kondisi Kelistrikan Mobil

Oleh Ayunda Devi | 28/04/2015
Keuntungan Cek Berkala Kondisi Kelistrikan Mobil

Tips Periksa Kelistrikan Mobil. Sama seperti bagian-bagian lain pada mobil, kondisi kelistrikan juga membutuhkan perhatian khusus. Walaupun kendala kelistrikan tidak terlalu banyak, tetapi bukan berarti masalah tersebut tidak ada sama sekali.

“Kendala kelistrikan secara umum tidak terlalu banyak, tapi seiring berjalannya waktu kalau ada malfunction maka akan keluar message problem di instrument cluster. Jadi saat ada masalah di electrical, engine, ABS system, secepatnya harus kita cek di bengkel pake alat diagnostic sendiri,” ujar Nana Suryana, Servis Manager Baru Garasindo di Meruya.

Sebagai catatan, beberapa masalah kelistrikan timbul karena kebiasaan dari pengguna mobil tersebut. Contohnya, penggunaan mobil harian dengan audio custom berdaya listrik tinggi akan membuat aki mobil bekerja keras. Meskipun dampaknya tidak dirasakan secara langsung, namun hal tersebut dapat membuat umur aki akan lebih pendek dari penggunaan biasa.

“Bisa saat mobil dibawa, lampu di interior redup, suplai voltage kurang. Untuk posisi start waktu cranking mesin tidak langsung hidup, paling kelihatan di lampu spion tengah redup atau kedip2, tandanya power supplai tidak stabil,” tambah Nana.

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, aki yang cocok untuk mobil adalah jenis aki free maintenance. Kendati demikian aki tersebut tetap butuh perawatan. Paling tidak panaskan mobil 3 hari sekali. Walaupun dalam kondisi diam, konsumsi elektrikal tetap ada guna mempertahankan memory pada semua kontrol modul.

Di samping itu, ada permasalah lain seputar kelistrikan mobil. Bahkan masalah tersebut dapat terjadi karena hal yang sederhana. “Kalau di mobil Eropa biasanya ada kabel sobek yang menimbulkan korsleting,” ungkap Slamet, advisor Bimmer Auto Works (BAW), Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Tips Memeriksa Kelistrikan Mobil 2

Permasalahan kelistrikan mobil dapat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Menurut Slamet, gejala elektrik apabila semakin serius dapat menyebabkan mesin pincang atau bergetar. Sumber dari permasalahan tersebut bisa berasal dari coil yang mati.

Selain itu, permasalahan aki bisa berkaitan dengan kondisi alternator. Peranti tersebut dapat menimbulkan bunyi bearing yang kasar. Alternator juga dapat mengalami kerusakan akibat pengisian arus listrik yang tidak lancar. Hal tersebut akan membuat aki cepat aus lantaran alternator tidak menyimpan arus. Baca juga artikel lainnya mengenai kelistrikan mobil, Tips Memilih Aki Mobil Baru/Bekas & Penyebab Aki Motor Dan Mobil Cepat Tekor.

Cara memperpanjang umur aki :

  1. Untuk mobil baru yang masih menggunakan aki basah, jagalah ketinggian permukaan air agar tidak sampai kering. Selain itu periksa komponen kelistrikan pada lampu, AC dan power window. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Apabila ditemukan indikasi lampu meredup atau nyala tidak stabil, disarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel.
  2. Perhatikan pula kondisi kepala aki. Apabila menjamur, bersihkan dengan menggunakan air panas. Sebab jamur dapat menghambat proses distribusi arus listrik ke seluruh bagian mobil.
  3. Kurangi penggunaan komponen elektrikal yang membebani aki, seperti audio yang pada umumnya menggunakan strum langsung.
  4. Usahakan untuk tidak membiarkan kontak dalam posisi ON tanpa menghidupkan mesin untuk waktu yang lama. Hal tersebut akan berpengaruh ke sistem sebab memakai strum langsung dari aki yang terpakai.
  5. Kurangi penggunaan aksesoris lain selain audio yang memerlukan listrik tambahan dan kemungkinan diambil secara bypass. Apabila pemasangan tidak dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat memicu korsleting.
  6. Lakukan perawatan rutin ke bengkel. Dengan demikian Anda akan dapat melihat gambaran mobil secara menyeluruh, tak terkecuali kondisi aki saat itu. Anda akan tahu apakah kondisi aki masih baik, sudah lemah, harus di-charge atau bahkan diganti.

Source: cara mengatasi korsleting listrik avanza veloz, bengkel kelistrikan mobil palmerah, langkah mengecek kelistrikan mobil, lampu mobil bisa kurangin aki, kelistrikan mobil avanza yg stabil, cek kelistrikan dengan sederhana, Cara merawat fitur kelistrikan mobil eropa, cara meperbaiki kelistrikan tidak stabil pada mobil, cara mengechek kelistrikan mobil, cara mengecek kelistrikan pada mobil,