Penyebab Utama Motor Mogok Di Tengah Perjalanan

Oleh Ayunda Devi | 28/04/2015
Penyebab Utama Motor Mogok Di Tengah Perjalanan

Penyebab Motor Mogok. Terkadang saat berkendara motor di tengah jalan Anda akan dihadapkan dengan masalah mesin mogok tiba-tiba. Hal tersebut pastinya cukup menyusahkan, terlebih lagi jika Anda harus segera menuju ke suatu tempat untuk urusan penting.

“Mesin mati mendadak atau kita menyebutnya mogok sering kali disebabkan karena tiga hal, yaitu bahan bakar kosong, tidak ada pengapian, dan tidak ada kompresi,” terang Venus Adha, Quality Assurance Development Head Wahana Makmur Sejati (WMS).

Penyebab mogoknya motor karena kehabisan bensin biasanya jarang dialami oleh pengendara. Akan tetapi, lain halnya dengan penyebab lain, yaitu tidak adanya pengapian dan kompresi. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat menggunakan teknik sederhana, yakni dengan membuka busi. Perlu Anda perhatikan, jangan sampai percikan api menyambar bahan mudah terbakar.

“Untuk memastikan adanya kompresi, kita harus penempelkan ibu jari kita pada permukaan lubang busi. Jika dirasa tekanannya cukup besar, berarti kompresi cukup baik. Untuk pengecekan ini pastikan bahwa kunci kontak dalam kondisi “off” (agar tidak terjadi percikan api),” jelas Venus.

Sedangkan untuk memeriksa pengapian, misalnya pada motor injeksi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini, pastikan busi tetap berada pada lubangnya. Gunakan busi lain untuk memastikan ada atau tidaknya percikan api pada busi. Dalam hal ini, pengecekan harus dilakukan pada posisi kunci kontak ON agar ada arus listrik.

Penyebab Sepeda Motor Mogok 2

“Namun untuk mengetahui penyebab yang lebih pastinya, pengendara harus membawa motornya ke bengkel agar dapat memastikan penyebabnya. Selain itu tekanan kompresi yang standar dapat diukur dengan alat yang dinamakan Compresion Gauge,” paparnya.

Motor mogok bukan berarti tidak dapat diantisipasi. Ada beberapa pertanda yang menunjukkan motor dalam kondisi tidak normal.

“Biasanya kalau motor sebelum mogok itu sudah ada sinyal atau tanda-tanda. Cuma tidak semua biker peka sama hal ini. Kalau tarikan atau tenaga motor sudah berat, ada bunyi seperti tembakan saat gas dilepas (menembak-nembak), atau kalau motor yang ada penunjuk RPM kelihatan jarumnya susah naik, berarti ada gejala kurang baik,” kata Andri Irwan, dari rumah modifikasi Chemonk odified.

Menurutnya, baik motor bersistem karburator maupun injeksi, mogok terjadi lantaran pengapian tidak sempurna. “Motor mogok itu biasanya karena busi kotor. Kalau dibuka terlihat warnanya sudah hitam. Bisa juga ada sumbatan, sehingga karburator tidak bekerja sempurna. Di motor injeksi, kemungkinan besar masalah ada di injeksinya,” tambahnya.

Apabila motor baru mogok di tengah jalan dan diketahui bahwa busi kotor, Anda dapat mengatasinya di jalan. Caranya dengan membuka kabel busi, cabut dan bersihkan dengan kain. Setelah selesai dibersihkan pasangkan kembali ke tempatnya. Akan tetapi perlu Anda ketahui, hal tersebut hanya untuk sementara waktu saja. Setidaknya sampai Anda menemukan bengkel yang menjual busi. Agar tidak terjadi masalah, ada baiknya untuk mengganti busi tersebut dengan yang baru.

Selain itu, perhatikan saat membuka karburator dan memasangnya kembali. Lakukan hal tersebut dengan baik dan benar. Sebab tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut, kecuali bagi pengendara yang sudah berpengalaman dan memiliki perlengkapan kunci yang memadai.

“Untuk busi mungkin bisa buka dan ganti sendiri. Kalau membersihkan karburator itu tidak semudah membuka busi, diperlukan kunci-kunci, memasang, dan memasangnya juga harus tepat. Untuk injection memang harus ke bengkel, karena biasanya bengkel punya alat untuk mendeteksi gejala kerusakan,” tutup Andri. Baca juga, Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Banjir, Perbaiki Motor Mogok Di Jalan Dan Penyebab Kerusakan Kiprok Motor.

Source: penyebab motor mati seperti kehabisan bensin, penyebab motor mogok saat mesin panas, motor sering mati saat panas, motor mogok seperti kehabisan bensin, penyebab motor mati saat mesin panas, penyebab motor mati mendadak saat jalan, penyebab motor mati saat panas, mesin motor mati saat gas dilepas, karna busi motor klu panas mati, kenapa motor kalau panas mati,