Suzuki Karimun Wagon Terbaru Gunakan Transmisi AGS

Oleh Dian Hadi Kusuma | 28/04/2015
Suzuki Karimun Wagon Terbaru Gunakan Transmisi AGS

Mobil Suzuki Karimun Wagon Mesin Baru. Rupanya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sedang mempersiapkan kehadiran mobil barunya. Mobil tersebut merupakan generasi baru dari low cost green car andalannya (LCGC), Karimun Wagon R.

Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Tanah Air itu rencananya akan merilis Karimun Wagon R varian AGS dalam beberapa waktu ke depan. Varian terbaru dari mobil murah ramah lingkungan ini akan mengusung sistem transmisi terbaru yang diberi nama AGS yang merupakan singkatan dari Auto Gear Shift.

Menurut undangan yang disebarkan oleh pabrikan berlambang ‘S’ pada hari Selasa (28/04/2015), Suzuki Indonesia akan mengadakan test drive khusus media dengan mengusung tema “Auto Gear Shift: Bisa Manual, Bisa Matic”. Namun sayangnya Suzuki tidak menyertakan waktu perilisan dari Karimun Wagon R varian baru ini.

Sekedar informasi, sistem AGS merupakan teknologi terbaru lansiran Suzuki yang telah dibenamkan pada Suzuki Celerio. Sistem ini dikembangkan oleh Suzuki untuk model-model mobil yang dipasarkan di Negeri Hindustan, India.

Sistem transmisi ini dapat dioperasikan dengan cara manual maupun otomatis. AGS memadukan kenyamanan mobil matik terbaru dengan keiritan dan bobot yang ringan dari sebuah transmisi manual. Mobil dapat dikendarai dalam mode matik (D) dan juga bisa dikendarai dalam mode manual.

Suzuki Karimun Wagon R 2015 Indonesia 1

Dengan demikian pengemudi akan ditawarkan dengan kemudahan dan kenyamanan selama perjalanan.Pada umumnya teknologi semacam ini hanya dapat dijumpai pada beberapa kendaraan yang dijual dengan harga di atas Rp 250 juta.

Dengan menggunakan sistem Auto Gear Shift, bisa dipastikan Karimun Wagon R akan menjadi LCGC pertama yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Sekedar mengingat, fitur serupa juga pernah dihadirkan oleh Daihatsu sekitar 15 tahun yang lalu. Saat itu fitur tersebut disematkan pada mobil keluarga mereka, yakni YRV.

Acara Media Test Drive Suzuki Karimun Wagon R AGS rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 Mei 2015. Jalur yang akan di tempuh antara Jakarta, Bogor dan Tangerang.

Sekedar mengulas, Suzuki Karimun Wagon R memiliki tampilan boxy yang terlihat cukup mengesankan. Mobil ini bisa dibilang cukup terjangkau dengan harga tidak lebih dari 100 juta.

Melihat dimensinya, Suzuki Karimun Wagon R memiliki panjang 3.600 mm, dengan lebar sebesar 1.475 mm dan tinggi mencapai 1.670 mm. Dimensinya sangat mendukung untuk melalui jalanan yang sempit dan memudahkan penggunanya saat hendak parkir di lahan terbatas berkat radius putar yang hanya 4,6 meter.

LCGC ini memiliki front grille yang elegan dengan desain yang sporty. Selain itu tampilan depannya juga dipermanis dengan fog lamps dan light blue eyes. Selain itu disematkan pula roof rail dashing yang terdapat di atas mobil sehingga membuat tampilannya semakin unik.

Pada sisi interiornya, pengguna akan disambut dengan kabin yang cukup lega untuk 5 orang penumpang. Di samping itu Karimun Wagon R juga memiliki bagasi yang luas. Jika masih dirasa kurang, Anda dapat melipat kursi belakang sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak. Sistem dashboard-nya didesain sederhana namun modern sehingga terlihat menarik. Mobil ini juga dibekali dengan cluster meter berdesain sporty yang mudah dibaca oleh penggunanya.

Sementara untuk performanya, spesifikasi Karimun Wagon R terbaru ini dipersenjatai dengan mesin K10B berkapasitas 998 cc dengan sistem DOHC, 12 katup, 3 silinder. Berkat mesin tersebut, mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga sebesar 68 hp pada 6.200 rpm dengan torsi maksimum mencapai 90 Nm pada putaran 3.500 rpm. Di samping itu, LCGC ini juga dibekali dengan fitur Gear Shift indicator untuk memudahkan pengemudi memindahkan perseneling gigi secara tepat. Baca juga, Modifikasi Suzuki Karimun Wagon R, Harga Suzuki Karimun Wagon TIpe Tertinggi GS dan Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R.

Source: