Tips Pintar Saat Melakukan Sewa Mobil

Oleh Yogi Kurniawan | 01/05/2015
Tips Pintar Saat Melakukan Sewa Mobil

Tips Untung Saat Sewa Mobil Rental. Aktivitas sehari-hari, seperti kerja atau kuliah membuat banyak tenaga terkuras. Kadang kala penat datang setelah sepekan beraktivitas. Untuk mengatasinya, tak jarang yang memilih untuk rekreasi atau berlibur ke suatu tempat.

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur pada akhir pekan ini, Anda dapat memanfaatkan jasa penyewaan mobil agar dapat berpergian bersama keluarga. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk menyewa mobil. Jangan sembarangan dalam memilih rental mobil. Alangkah baiknya untuk memilih rental mobil yang benar-benar tepat dan terpercaya.

Berikut adalah beberapa tips saat melakukan sewa mobil yang dapat Anda ikuti :

1. Pilih jenis kendaraan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika hendak menyewa mobil adalah memilih jenis kendaraan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dengan memperhatikan beberapa hal, seperti tempat tujuan dan anggota keluarga yang akan ikut serta.

Dengan demikian Anda akan memliki gambaran ketika pergi ke tempat penyewaan mobil. Apabila Anda membawa anak kecil dalam perjalanan, Anda dapat memilih mobil jenis sedan atau SUV (Sport Utility Vehicle).

Tips Menyewa Mobil yang Baik 2

Jangan lupa untuk mempertimbangkan mobil yang cocok untuk kebutuhan Anda. Perhatikan kapasitas dan spesifikai performa mobil yang hendak Anda sewa. Sebagai contoh, jika Anda menyewa untuk berlibur di daerah perkotaan, Anda dapat menyewa mobil bermesin 1.000 cc. Akan tetapi jika dalam perjalanan juga melintasi daerah pegunungan, ada baiknya untuk menyewa mobil bertenaga 1.500 cc.

Jika Anda ingin berhemat agar tidak mengeluarkan banyak biaya saat menyewa, pilihlah mobil model lama dan berukuran sedang. Di samping itu, pastikan mobil yang akan disewa memiliki fitur GPS, ski rack dan car seat.

2. Memesan mobil

Sebelum menyewa, tanyakan masalah tarif sewa mobil tersebut. Carilah informasi sejelas mungkin agar tidak terjadi kesalahpahamaan saat melakukan pembayaran.

Kemudian, hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kondisi fisik mobil yang hendak Anda pesan. Perhatikan dengan cermat agar tidak ada bagian yang luput dari pemeriksaan. Pastikan kondisi mobil masih baik dan mendukung untuk penggunaan jarak jauh.

Jangan lupa untuk menanyakan tentang cara pembayaran dan diskon. Selain itu, tanyalah informasi mengenai asuransi mobil tersebut. Sebagai catatan, setiap jasa rental mobil mempunyai ketentuan dan persayratan yang berbeda-beda. Maka dari itu tanyakan hal ini kepada pihak rental mobil.

Tanyakan pula apakah rental mobil menawarkan opsi lepas kunci atau tidak. Sebab, tidak semua rental mobil menyediakan opsi tersebut. Lepas kunci artinya penyewa dapat menggunakan mobil tersebut tanpa perlu didampingi oleh seorang sopir.

Apabila Anda memesan mobil secara online, carilah promosi atau kode kupon untuk mengurangi biaya sewa mobil. Atau jika perlu, jadilah member jasa rental tersebut. Beberapa rental mobil akan menawarkan member untuk mendapatkan potongan harga pada penyewaan berikutnya.

3. Mengembalikan mobil

Setelah mobil selesai Anda gunakan, jangan lupa untuk memeriksa kembali kondisi fisiknya sebelum dikembalikan. Pastikan kondisi mobil masih sama seperti saat Anda menyewa dan tidak terdapat kerusakan apapun. Isilah bensin pada mobil sesuai kebutuhan, jadi saat dikembalikan Anda tidak mengalami kerugian yang banyak.

Sebagai penyewa, kembalikan mobil sesuai waktu sewa. Dengan demikian Anda dapat memanfaatkan jangka waktu sewa semaksimal mungkin. Selain itu mengembalikan mobil tepat waktu akan menghindarkan Anda dari denda yang dikenakan oleh tempat penyewaan.

Demikian adalah beberapa tips ketika hendak menyewa mobil. Semoga 3 tips tersebut berguna bagi Anda dan jangan lupa untuk berkendara dengan aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Source: