Panduan Mengganti Velg Dan Ban Mobil Dengan Tepat

Oleh Ayunda Devi | 06/05/2015
Panduan Mengganti Velg Dan Ban Mobil Dengan Tepat

Mengganti Velg Dan Ban Mobil Pemula. Pelek merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor. Tak banyak pemilik mobil yang melakukan ubahan pada pelek. Wajar saja, sebab komponen ini memang paling mudah diubah dan dapat mendongkrak tampilan mobil.

Di pasaran, terdapat banyak pilihan pelek, dengan berbagai ukuran, model, merek dan harga. Hal ini tentu akan membuat sang pemilik mobil semakin mudah untuk mencari pelek yang dikehendakinya. Akan tetapi perlu Anda ingat, kondisi pelek yang baik ataupun buruk akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan penggunanya. Oleh karena itu memilih pelek tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda harus menyesuaikan ukurannya, jangan sampai keamanan dan kenyamanan Anda dikorbankan demi mengejar tampilan semata.

Jika Anda kebingungan untuk memilih pelek yang tepat, Anda tidak perlu bimbang. Pusat bengkel khusus pelek dan ban MdM di Fatmawati, Jakarta Selatan memiliki beberapa tips dalam mengganti pelek mobil. Amar, pemilik MdM mengatakan, ada rumusan khusus saat hendak mengganti pelek dan ban. Pemilik mobil tidak dilarang untuk memodifikasi pelek kendaraannya. Tetapi ubahan dibatasi maksimal tiga tingkat dari ukuran pelek bawaan pabrik (OEM).

“Sebenarnya, standar itu boleh naik 2 tingkat. Tapi, masih bisa naik 3 tingkat, tapi wajib ada penyesuaian lagi di bagian kaki-kaki,” kata Amar.

Tips Memilih Pelek Mobil 2

Sebagai contoh, Toyota Avanza yang dipasarkan saat ini memiliki pelek standar pabrik berdiameter 14 inci. Jika pemilik ingin mengganti pelek tersebut dengan ukuran 15 inci, maka ban yang digunakan berukuran 185/65. Apabila ingin lebih besar lagi, dapat diganti dengan ukuran 16 inci dan ban yang dipakai 205/55. Pemilik juga bisa menggunakan pelek berukuran 17 inci dengan ban ukuran 205/50 atau 215/45.

“Ingat, semakin besar pelek, otomatis ban yang digunakan semakin tipis ketebalannya. Hal tersebut tentu akan mengurangi kenyamanan karena efek penyerap benturan dari ban berkurang dan hanya mengandalkan sok,” jelas Amar.

Kaki-kaki

Pada umumnya, jalan yang ditempuh oleh para modifikator untuk mengakali masalah ini adalah dengan mengubah kaki-kaki mobil. Hal paling sederhana adalah dengan mengganti per bawaan pabrik dengan per yang memiliki karakter ayunan lebih kaku. Pemilihan per tersebut bukan tanpa alasan, sebab beban pelek dan ban yang lebih besar dari ukuran standar, membuat mobil membutuhkan daya kejut yang lebih keras.

Amar menyarankan, sebelum memutuskan untuk mengganti pelek ada baiknya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak bengkel. “Sebelum ganti pelek, diskusikan dulu dengan orang bengkel sehingga tahu apa saja yang harus diganti. Jangan sampai, sudah mobil enggak keren malah rugi karena harus jebol kaki-kaki,” pungkas Amar.

Setelah mengganti pelek mobil, jangan lupakan kebersihannya. Hal ini perlu Anda lakukan agar pelek mobil selalu terlihat menarik. Meskipun Anda mengorbankan sedikit waktu Anda untuk membersihkannya, namun hasil yang Anda terima akan sebanding dengan yang Anda korbankan. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk membersihkan pelek :

  1. Ketika akan mencuci pelek, tunggulah hingga kondisi pelek mobil dingin. Hal ini untuk menghindari timbulnya jamur pada pelek.
  2. Bersihkan setiap bagian pelek, terutama di sela-sela pelek. Untuk area yang sulit dijangkau oleh tangan, Anda dapat memanfaatkan sikat kecil untuk membersihkannya.
  3. Gunakan sampo khusus pelek saat mencucinya. Jangan gunakan sabun colek, sebab sabun tersebut tidak dibuat untuk mencuci pelek. Jika mobil terbaru milik Anda menggunakan pelek krom, gunakan sampo khusus pelek krom.

Dengan membersihkan pelek secara rutin, tampilannya akan membuat Anda semakin percaya diri untuk memacu mobil menyusuri aspal hitam. Baca juga, Tips Memilih Ban Mobil Dengan Baik, 5 Tips Mengganti Ban Mobil yang Baik dan Tips Merawat Ban dengan Menjaga Tekanan Angin.

Source: cara mengganti velg ban mobil,