5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengemudi Jarak Jauh

Oleh Dendy Santoso | 07/05/2015
5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengemudi Jarak Jauh

Mengemudi Mobil Jarak Jauh, Berlibur ke suatu tempat memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Setidaknya hal tersebut dapat mengurangi rasa penat setelah melakukan berbagai aktivitas yang padat.

Ada berbagai cara untuk menghemat biaya berlibur jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh. Salah satunya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini juga banyak dilakukan oleh banyak orang, terutama masyarakat Indonesia yang notabene masih menjadikan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi. Di samping itu, kemudahan dan kenyamanan menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mobil.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda cermati. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak mendapatkan masalah ketika melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum berpergian?

Andry Ciu, selaku Direktur PT Trans Oto Internasional yang merupakan pemegang merek bengkel One Station mengungkapkan, banyak pemilik mobil yang tidak menganggap remeh dan mengabaikan kondisi kendaraan miliknya. Padahal, ada lima hal yang harus menjadi perhatian pemilik ketika akan berlibur atau melakukan perjalanan jauh. Apabila hal tersebut diabaikan, tidak menutup kemungkinan masalah akan menghampiri Anda sewaktu-waktu.

Tips Memeriksa Kondisi Mobil 2

Berikut adalah lima hal tips mobil yang patut Anda perhatikan :

1. Ban

Salah satu komponen vital ini tidak boleh luput dari perhatian Anda. Pemeriksaan ban harus Anda lakukan saat memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh. Periksalah secara menyeluruh, seperti tekanan angin, ban cadangan dan kondisi kebotakan ban. Jangan pernah meremehkan hal tersebut agar keselamatan Anda tidak menjadi taruhannya.

2. Rem

Selain ban, rem adalah komponen penting pada kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Oleh karena itu jangan lupa untuk memeriksa kondisi rem. Kondisi komponen ini dapat diketahui saat kendaraan melaju. Apabila mobil terasa seperti terhambat atau saat Anda memperlambat laju mobil dan kecepatannya turun drastis, maka disarankan untuk segera mengecek kondisi rem.

Pasalnya jika hal tersebut dibiarkan terhambat atau bergesekan terlalu lama, maka dapat menyebabkan rem blong tiba-tiba. Rem blong secara tiba-tiba saat mobil tengah melaju dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan dan bisa mengancam keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

3. Karet Wiper

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun jangan pernah Anda mengabaikannya. Jika kondisi karet wiper selalu dirawat, maka akan membuat kinerjanya menjadi lebih optimal, terutama saat Anda memacu kendaraan di tengah guyuran hujan deras. Biasanya, kondisi karet wiper akan cepat buruk jika mobil sering diparkir di tengah paparan sinar matahari. Alasannya suhu yang tinggi dapat melelehkan karet wiper. Selain itu hal tersebut akan membuat kaca menjadi buram dan garis-garis ketika wiper digunakan.

4. Aki

Aki adalah komponen yang selalu ada pada setiap jenis kendaraan bermotor. Fungsi aki adalah sebagai tempat penyimpanan dan pensuplai arus listrik ketika kendaraan dihidupkan atau di-starter. Selain itu komponen ini juga berfungsi sebagai pemasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu saat mobil berhenti atau ketika melaju di malam hari.

Tidak hanya itu saja, aki juga bertugas untk menyalurkan arus listrik untuk alarm, jam elektronik dan lain sebagainya ketika mesin mati. Maka dari itu, agar semua peranti yang ada di mobil Anda dapat berfungsi dengan baik, perhatikan komponen ini dengan cermat.

5. Kelistrikan

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah kelistrikan. Sifat pemeriksaan ini adalah wajib, terlebih jika Anda akan melakukan perlajanan jauh. Kondisi kelistrikan mobil yang tidak sempurna dapat menimbulkan korsleting. Dan hal ini harus Anda cegah agar perjalanan Anda aman dan selamat. Baca juga, Cara Berkendara Jarak Jauh dengan Mobil dan Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring.

Source: hal yang perlu diketahui sebelum berkendara mobil jarak jauh, hal yg perlu diperhatikan mengendarai mobil jarak jauh atau mudik, mobil jarak jauh yang harus diperhatikan, peralatan yang disiapkan sebelum mengemudi, sebelum mengemudi apa yg harus dipersiapkan, yg harus diperhatikan ketika menyetir jarak jauh,