Tips Memilih Suspensi / Sokbreker Mobil Berkualitas

Oleh Dendy Santoso | 07/05/2015
Tips Memilih Suspensi / Sokbreker Mobil Berkualitas

Cara Memilih Sokbreker Mobil. Tidak selamanya onderdil mobil terbaru selalu dalam keadaan baik. Ada kalanya onderdil mengalami kerusakan atau telah habis masa pakainya sehingga mengharuskan pemilik mobil untuk menggantinya.

Hal tersebut juga berlaku pada sokbreker yang bekerja aktif ketika mobil bergerak. Komponen ini berfungsi untuk meredam guncangan. Selain itu sokbreker juga bertugas untuk menahan ayunan bobot mobil hingga ratusan kilogram dan memberikan kenyamanan dan pengendalian yang stabil ketika bermanuver.

Jika komponen tersebut sudah harus diganti, biasanya beberapa bengkel menganjurkan untuk menggantinya dengan sparepart asli atau standar pabrikan. Pemilihan sokbreker tidak boleh sembarangan, sebab produsen mobil pastinya telah melakukan uji riset untuk memilih sokbreker yang tepat.

“Jika rusak kami menyarankan agar diganti yang orisinal, dari segi kualitas dinilai baik dan untuk menghindari sokbreker rekondisi yang umur pakainya lebih pendek lagi,” kata Doni, kepala bengkel Nawilis Radio Dalam, di Jakarta Selatan.

Seperti yang diketahui, banyak bengkel onderdil mobil yang tidak hanya menjual sokbreker orisinal, namun juga menjual versi aftermarket. Produk tersebut diklaim memiliki kualitas yang tak kalah baik.

Memilih Sokbreker Mobil 2

Di samping itu harga jual sokbreker tersebut biasanya lebih terjangkau daripada sokbreker orisinal. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik mobil yang memiliki dana terbatas untuk membeli sokbreker baru.

Banyak merek sokbreker mobil yang beredar di pasaran, dengan karakter yang tak sama antara merek satu dengan lainnya. Merek yang umum dijumpai adalah Tokicho, DII, KYB dan Bilstein. Hal ini kadang kala justru membuat calon pembeli kebingungan saat hendak membeli.

Langkah penggantian

Sebelum memutuskan untuk memilih sokbreker yang diinginkan, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak bengkel untuk pemilihan tipe sokbreker.

“Kita tidak langsung pasang gitu aja, biasanya kita tanya dulu kebutuhannya si konsumen. kalau untuk kenyamanan kita pakai yang lebih empuk, tapi kalau untuk stabil kita sarankan pakai yang lebih keras,” jelas Odi, kepala bengkel Jaya Abadi, Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Utara.

Ia mengatakan, jangan terpaku oleh satu merek yang banyak digunakan oleh para pemilik mobil. “Contoh, Bilstein, karena karakternya lebih keras, ia nyaman saat di laju kecepatan tinggi dan tidak limbung saat bermanuver. Nah jangan samakan dengan mobil yang dipakai untuk harian karena akan berbeda, dan cenderung jadi tidak nyaman kerena berbeda kebutuhan,” terangnya.

Di samping itu, Anda juga dapat bertanya lebih dulu kepada kerabat ataupun penjual. Sebab, tidak semua produsen sokbreker aftermarket memproduksi sokbreker untuk semua jenis dan merek mobil. Walaupun satu merek sokbreker, terkadang pabrik pembuatannya berbeda dan kualitasnya pun juga berbeda. Oleh karenanya usahakan untuk memilih yang sama dengan sokbreker orisinal.

Perlu Anda pahami, durabilitas atau kehandalan umur pakai pada sokbreker orisinal maupun aftermarket dapat ditentukan dari kondisi jalan yang dilalui. Jika mobil sering melintasi jalan rusak, maka kinerjra sokbreker akan lebih berat saat meredam ayunan bobot kendaraan.

Apabila Anda menggunakan mobil untuk kegiatan harian, dianjurkan untuk tidak memodifikasi bagian kaki-kaki secara berlebihan. Alasannya, penggunaan pelek lebar dan ban berbobot lebih berat dari ukuran standarnya akan mempengarui usia pakai sokbreker. Tidak hanya itu saja, kerja suspensi juga menjadi lebih berat.

Demikian adalah beberapa tips pemilihan sokbreker mobil. Pemilihan sokbreker yang tepat dengan kebutuhan Anda akan menghindarkan Anda dari pengeluaran yang tidak perlu. Selain itu kinerja sokbreker akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Baca juga, Tips Mengetahui Kerusakan Shockbreaker Mobil, Tips Menjaga Performa Mobil dan Mobil Lebih Nyaman dengan Suspensi Mobil Eropa.

Source: shockbreaker mobil paling empuk, servis shockbreaker mobil 2016, shockbreaker mobil yang bagus, shockbreaker innova empuk, merk shockbreaker terbaik untuk mobil 2016 ?, sokbreker avanza, merek mobil dan apa suspensi, shockbreaker mobil after market dan karakternya, merk shockbreaker mobil paling empuk, shockbreaker bilstein,