Upgrade Honda Vario 125 Untuk Akselerasi Lebih Mantap!

Oleh Dendy Santoso | 07/05/2015
Upgrade Honda Vario 125 Untuk Akselerasi Lebih Mantap!

Upgrade Kecepatan Honda Vario 125. Pabrikan motor asal Jepang, Honda memiliki beberapa model skuter matik yang diniagakan di Indonesia, salah satunya adalah Honda Vario 125. Skutik ini memiliki banyak peminat hingga sekaran. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya pengendara Vario 125 di jalnan.

Berbicara soal performa, Honda Vario 125 model lama sebenarnya sudah memiliki performa yang mumpuni untuk penggunaan harian. Akan tetapi tetap saja ada pemilik yang kurang puas dengan performanya. Terlebih lagi beberapa waktu yang lalu Honda Indonesia merilis generasi terbaru dengan dua pilihan mesin, yakni 125 cc dan 150 cc.

Akan tetapi hal tersebut tidak membuat Dimas Novianto memilih untuk mengganti Vario 125 miliknya dengan yang baru. Sebagai gantinya, ia melakukan sejumlah ubahan pada skutik berwarna orange ini. “Saya lebih mengutamakan akselerasi sih dibanding topspeed, karakter ini yang lebih cocok untuk penggunaan dalam kota,” ungkapnya.

Pria yang tinggal di Jakarta Barat ini tidak memperbesar kapasitas mesin Honda Vario 125 kesayangannya menjadi 150 cc, 170 cc atau lebih. Ia memiliki sejumlah tips yang membuat performa skuter matik miliknya menjadi lebih maksimal lagi. Menariknya tampilannya tetap dipertahankan, bahkan knalpot masih menggunakan standar pabrikan. Lalu apa saja ubahan yang diterapkan oleh Dimas? Berikut adalah beberapa trik yang digunakan :

Kepala Silinder

Saluran masuk dan keluar gas bakar dan sisa pembakaran mendapat sentuhan bor tuning. Pemilik juga melakukan porting-polish supaya alirannya lebih lancar. Selain itu permukaan yang kasar pada kepala silinder juga dihilangkan dan sedikit diperbesar.

“Bentuk dibuat seperti terompet, semakin membesar mendekati payung klep,” kata Dimas. Untuk melakukan porting-polish, biasanya pemilik akan dikenai biaya Rp 250 hingga Rp 500 ribu. Waktu pengerjaan yang dibutuhkan sekitar tiga hari.

Filter udara

Upgrade Performa Honda Vario 125 2

Honda Vario 125 dala kondisi standar menggunakan filter udara viscous element yang tidak dapat dicuci maupun dibersihkan. Untuk itu Dimas mengganti filter udara tersebut dengan produk Protec. Filter udara baru itu terbuat dari bahan kawat baja rapat dan anti karat.

Ubahan tersebut membuat aliran udara yang dibutuhkan oleh mesin menjadi lebih lancar dan mendongkrak akselerasi. Sementara harganya, berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu, tergantung merek yang dipilih.

Koil

Part ini berfungsi untuk melipat-gandakan arus listrik dari sepul yang hasil akhirnya adalah letikan api dari busi. Untuk perangkat ini, sang pemilik menggantinya dengan koil Ultraspeed yang dibuat khusus untuk motor fuel injection. Api yang dihasilkan menjadi lebih besar dan dapat membakar bahan bakar yang masuk dengan tuntas. Koil Ultraspeed di pasaran dipatok dengan harga Rp 450 ribuan.

Busi iridium

Untuk mendapatkan part ini, Anda dapat menebusnya dengan uang sebesar Rp 100 ribuan. Walaupun murah, dengan rasio kompresi mesin yang cukup tinggi 11:1, pemakaian busi iridium akan memberikan hasil yang signifikan. Ubahan ini dapat mengatasi masalah akselerasi tertahan yang sering ditemui pada Honda Vario 125 generasi awal.

Resistor

Mungkin tidak banyak orang yang paham mengenai fungsi dari komponen ini. Resistor yang berbentuk kecil ini bertugas untuk memanipulasi data dari sensor O2 di knalpot menuju ECU. Dalam hal ini, sang pemilik menggunkan resistor 0,5 Ohm pada skutik berlambang sayap mengepak miliknya.

“Saya pakai resistor 0,5 Ohm, supaya pembakaran bisa sedikit basah karena api sudah besar dan aliran udara lebih lancar. Pemasangannya cukup colok ke sensor O2 tadi,” ujar Dimas.

Demikian adalah beberapa tips upgrade performa Honda Vario 125. Bagi Anda pemilik Vario 125, Anda dapat menerapkan beberapa ubahan ini. Baca juga, Modifikasi Honda Vario 125 FI Touring dan Daftar Sepeda Motor Honda Paling Laris.

Source : http://otomotif.metrotvnews.com

Source: upgrade vario 125, upgrade vario 125 harian, cara meningkatkan performa vario 125 fi, modifikasi filter udara vario 125, vario 125 modif harian, upgrade performa vario 125, modif vario 125 touring, modifikasi vario 125, vario 125 modif touring, cara menambah kecepatan vario 125,