Kawasaki Athlete Terbaru 2015 Indonesia Sedang Digarap!

Oleh Dian Hadi Kusuma | 07/05/2015
Kawasaki Athlete Terbaru 2015 Indonesia Sedang Digarap!

Kawasaki Athlete Terbaru 2015Tampaknya persaingan pasar sepeda motor di Tanah Air semakin memanas. Meskipun kondisi pasar tengah lesu, para agen pemegang merek (APM) di Indonesia tetap merilis produk barunya guna mendongkrak angka penjualan.

Kini, kabar baru datang dari salah satu pabrikan motor asal Negeri Bunga Sakura, Kawasaki. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dikabarkan tengah mempersiapkan motor baru. Hal tersebut terlihat dari status uji tipe sepeda motor baru di TPT Online dari Kementerian Perindustrian. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa PT KMI baru saja menyelesaikan uji tipe untuk motor dengan kode AX125F.

Jika melihat angka 125, tidak menutup kemungkinan model tersebut merupakan motor dengan mesin berkapasitas 125 cc. Dengan kata lain motor tersebut adalah Kawasaki Athlete yang merupakan salah satu line up Kawasaki di Indonesia. Seperti yang diketahui bersama, motor bebek model ayam jago ini memang dipersenjatai dengan jantung pacu berkapasitas 125 cc.

Di awal tahun 2015, Kawasaki Indonesia telah merilis banyak motor baru. Sebagai contoh PT KMI telah meluncurkan Kawasaki Versys 650 dan 1000, Kawasaki Ninja 300, Ninja ZX-10R dan Ninja H2. Namun rupanya automaker asal Jepang ini masih memiliki beberapa motor baru 2015 untuk diluncurkan.

Kawasaki Athlete 2015 Indonesia 2

“Masih ada tiga lagi, tapi untuk modelnya masih rahasia ya!,” kata seorang sumber dari PT KMI.

Dugaan mengenai kehadiran Kawasaki Athlete terbaru semakin diperkuat dengan bocoran dari sumber tersebut yang mengatakan bahwa salah satu dari tiga motor baru itu adalah motor kecil. “Salah satunya motor kecil kok, bukan moge,” terangnya.

Melihat negara tetangga, Philipina, pada akhir tahun 2014 kemarin Kawasaki merilis Athlete terbaru. Di pasar Philipina, Athlete dikenal dengan nama Kawasaki Fury. Jika diperhatikan dari segi tampilannya, Kawasaki Fury tampak lebih segar dan jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Motor tersebut kini memiliki garis-garis tajam yang tegas dan tampak lebih gagah.

Selain itu cover knalpot motor ini juga lebih besar. Sementara konstruksi suspensi belakangnya yang miring kini disamarkan. Melihat tampilan depannya, terdapat lampu depan yang didesain menyerupai lampu depan milik Kawasaki Ninja RR Mono. Sedangkan lampu sein juga dibuat mirip seperti sport bike, yakni terpisah dari bodi. Bagian spion Kawasaki Fury terlihat lebih segar dari model seelumnya.

Sentuhan penyegaran lainnya yang dilakukan oleh Kawasaki terlihat pada bagian desain shroud dan daerah under bone yang dibuat lebih baru. Cover engine dan bagian bodi belakang juga mengalami beberapa perubahan.

Kawasaki tidak melakukan ubahan apapun pda bagian kaki-kaki. Pelek tidak mengalami perubahan, termasuk disk brake model bergerigi yang tetap mempertahankan model lama. Kawasaki Fury tetap dipersenjatai dengan dapur pacu 4 langkah, SOHC 2 katup. Mesin tersebut dapat menghasilkan mesin sebesar 9,9 PS pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi puncak mencapai 8,6 Nm pada 6.000 rpm.

Jika melihat model sebelumnya, Kawasaki Athlete memiliki panjang 1.920 mm, dengan lebar 695 mm dan tinggi mencapai 970 mm. Jarak poros rodanya 1.240 mm, sementara jarak ke tanah atau ground clearance mencapai 150 mm. Tangki bahan bakar pada motor berbobo 104 kg ini dapat menampung 5,2 liter bensin. Bagasi Kawasaki Athlete memiliki kpasita sebesar 4,5 liter.

Beralih ke sektor kaki-kaki, Kawasaki Athlete menggunakan rem depan dan belakang jenis hidrolik, single disc, caliper 2 piston. Sementara peleknya menggunakan model cast wheel aluminium alloy. Pelek tersebut dibalut dengan ban 2.50-17 4PR ukuran 70/90-17 pada bagian depan dan 2.75-17 4PR ukuran 80/90-17 untuk bagian belakang. Suspensi depan Athlete menggunakan teleskopik-fork, sedang bagian belakangnya swing arm monoshock. Baca juga, Harga Kawasaki Athlete 125 Dan Spesifikasi, Kawasaki Fury 125 2015 Filipina.

Source: kawasaki athlete, kawasaki atlit terbaru 2017,