Upgrade Performa Yamaha X-Ride Lebih Bertenaga

Oleh Stefiyan Dwicahyo | 07/05/2015
Upgrade Performa Yamaha X-Ride Lebih Bertenaga

Upgrade Mesin Yamaha X-Ride Bore-up, Dari sekian skuter matik yang dijual oleh Yamaha, skutik X-Ride memiliki daya tarik tersendiri. Tidak seperti skutik pada umumnya, motor berlambang tiga garputala ini dihadirkan dengan kemampuan melintasi mdan adventure. Hal tersebut terlihat dari tampilannya yang kental dengan nuansa petualangan.

Walau memiliki performa yang cukup mumpuni, tidak sedikit pemilik Yamaha X-Ride yang melakukan upgrade mesin. Tujuannya agar performa skutik menjadi lebih optimal dan sanggup dikendarai untuk menaklukkan bermaca medan adventur. Hal ini juga dilakukan oleh Denny, salah satu pemilik Yamaha X-Ride tahun 2013.

“Untuk trek standar memang eces, namun kalau diajak melibas medan yang cukup ekstrem kurang mumpuni. Makanya biar sanggup melibas semua medan, motor baru saya ini bore up menjadi 150 cc,” ujar pria yang tinggal di Pondok Kelapa, Jakarta Timur ini.

Untuk pengerjaannya, Denny yang juga merupakan anggota XRADE (X-Riders Adventure) memperayakannya kepada Optima Motor (OM). Sesuai dengan permintaan sang pemilik, sejumlah ubahan diterapkan pada skutik tersebut.

Ada beberapa bagian yang mengalami perubahan, seperti kapasitas mesin, piston, dan noken as. “Mesin bore-up 152,9 cc. Piston pakai Izumi 58 mm, noken as Kawahara dan knalpot custom (bobok). Perbandingan kompresinya sengaja tidak terlalu tinggi, yakni 11,5 : 1, agar dipakai harian juga tetap aman,” jelas Hidayat “Acky”, pemilik OM yang berlokasi di Jl. Masjid Al Wustho, ondok Bambu, Jakarta Timur.

Upgrade Performa Yamaha X-Ride 2013 2

Agar putaran bawah lebih optimal, Acky menyematkan roller berukuran 6 gram rata. Selain itu, supaya suplai bahan bakar ke ruang bakar menjadi lebih deras, injektor standar pabrik yang memiliki 4 lubang diganti dengan injektor milik Yamaha New V-Ixion Lightning lubang 7. Seluruh ubahan tersebut membutuhkan waktu tiga hari, sedangkan total biaya untuk upgrade mesin yang harus dibayarkan oleh sang pemilik mencapai Rp 2,2 juta.

Acky tidak menggunakan ECU aftermarket ataupun piggyback untuk mengoptimalkan pengapiannya. Namun, sebagai gantinya ia membenamkan Optima Coil Booster. Acky mengatakan, fungsi digunakannya komponen tersebut adalah untuk memperbesar letikan api di koil.

Dengan begitu pembakarannya akan menjadi lebih optimal dan berdampak pada performa yang semakin maksimal. “Peranti ini juga banyak dipakai oleh pembesut V-Ixion dan X-Ride,” jelasnya.

Untuk membuktikan hasil dari ubahan yang diterapkan, skutik yang tampilannya sudah berubah layaknya motor trail ini menjalani tes dengan menggunakan Dyno Jet tipe 250i milik Sportisi Motorsport (SM) di Jl. Tenggiri Rawamangun, Jakarta Timur. Dalam kondisi standar, Yamaha X-Ride dapat menghasilkan tenaga sebesar 6,85 hp pada putaran 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 7,04 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Setelah mendapat sentuhan upgrade, X-Ride milik Denny ini memiliki tenaga maksimum sebesar 8,92 hp pada 7.800 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,41 Nm pada 6.800 rpm. Dengan begitu, tenaga skutik ini meningkat hingga 30 persen atau 2,07 hp. Sementara torsinya naik 1,37 Nm.

“Sayang ECU masih dibiarkan standar pabrik dan enggak dibantu piggyback untuk seting ulang. Alhasil setelah knalpot di colok AFR (Air Fuel Ratio), langsung ketahuan kalau campuran bensin dan udara terlalu basah. Dari putaran bawah hingga atas. Kalau pakai piggyback dan dilakukan seting ulang ECU, pasti hasilnya akan lebih optimal,” ungkap Brahmantio, dari Sportisi Motorsport.

Demikian ulasan mengenai tips upgrade mesin Yamaha X-Ride model 2013 ala Acky. Anda pemilik skutik ini juga dapat melakukan hal serupa agar mendapat performa yang lebih optimal. Modifikasi Yamaha X-Ride Minimalis dan Harga Yamaha X-Ride Terbaru.

Data tes Yamaha X-Ride 2013 :

Standar

  • Power : 6,85 dk/7.500 rpm
  • Torsi : 7,04 Nm/7.000 rpm

Bore up 150 cc

  • Power : 8,92 dk/7.800 rpm
  • Torsi : 8,41 Nm/6.800 rpm

Source: bore up x ride 130cc, bore up x ride harian, modifikasi x ride standar, bore up X ride, x ride 2016, modif mesin x ride, upgrade yamaha x ride, modifikasi mesin x ride, korek harian x ride, bore up yamaha x ride,