Motor Sport Yamaha R1 Terbaru 2015 Masuk Indonesia?

Oleh Stefiyan Dwicahyo | 07/05/2015
Motor Sport Yamaha R1 Terbaru 2015 Masuk Indonesia?

Motor Yamaha R1 Terbaru 2015, Dalam waktu dekat pasar motor Tanah Air akan kembali kedatangan sosok motor baru. Hal ini diketahui setelah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan secara terang-terangan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan kehadiran YZF-R1 tahun 2015.

Motor sport lansiran salah satu produsen otomotif ternama asal Negeri Bunga Sakura ini memang tengah hangat diperbincangkan di Indonesia. Pasalnya, motor gagah ini mendapat sentuhan penyegaran pada tampilan dan mesin yang diusungnya.

Bagi Anda pecinta motor sport, terutama motor sport berlambang tiga garputala bersiap-siaplah untuk menyambut kedatangan model baru andalan Yamaha Indonesia. Kabarnya motor tersebut akan dirilis dalam waktu dekat. PT YIMM selaku agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air belum memastikan kapan motor tersebut akan meluncur. Tetapi diperkirakan peluncuran motor tersebut akan dilakukan pada semester kedua tahun 2015 ini atau sebelum lebaran. Yang pasti, untuk saat ini YZF-R1 sedang dalam tahap proses untuk dirilis.

“Rencana tahun ini, (bisa) semester kedua. Sekarang sedang kita proses,” ungkap Mohammad Masykur, yang menjabat sebagai Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yamaha YZF-R1 2015 Indonesia 2

Perubahan yang dilakukan pada Yamaha YZF-R1 ini salah satunya terlihat dari ide dasar pengembangan modelnya. Apabila generasi sebelumnya menyeimbangkan antara performa di sirkuit dan jalan raya, YZF-R1 model terbaru ini memiliki porsi yang lebih besar untuk performa di sirkuit.

Motor sport ini dibekali dengan beberapa pengaturan elektronik, antara lain Traction Control System (TCS), Lift Control System (LIF), Slide Control System (SCS), pengaturan ABS, Quick Shift System (QSS) dan Launch Control System.

Melihat tampilannya, Yamaha YZF-R1 terlihat menyerupai motor balap yang digunakan pada ajang MotoGP. Hal tersebut semakin terlihat jelas jika memperhatikan bagian fairing dan air scoop yang didesain menyerupai motor balap Yamaha YZF-M1 yang dikendarai oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Sementara lampu bagian depannya dirancang seperti fog lamp bulat yang diletakkan bersebelahan dengan air scoop. Untuk bodi belakangnya dibuat memiliki lubang mirip wings pada mobil super.

Sebagai tambahan informasi, Yamaha YZF-R1 model 2015 ini pertama kali diperkenalkan pada perhelatan EICMA yang diselenggarakan tahun lalu. Motor tersebut dipersenjatai dengan dapur pacu baru crossplane segaris 4-silinder yang memiliki kapasitas sebesar 1.000 cc (998 cc).

Berbekal mesin tersebut, spesifikasi Yamaha YZF-R1 2015 ini diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 147,1 kW (200 PS) pada putaran 13.500 rpm dan tori puncak sebesar 112,4 Nm (11.5 kg-m) pada putaran 11.500 rpm. Meningkat cukup signifikan bila dibandingkan dengan YZF-R1 model sebelumnya yang hanya memiliki tenaga sebesar 182,1 PS.

Rasio kompresi mesin Yamaha YZF-R1 13.0 : 1, sementara bore x stroke-nya 79.0 mm x 50.9 mm. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transisi constant mesh 6-percepatan.

Yamaha YZF-R1 menggunakn sasis deltabox aluminium dengan inverted forks pada bagian depannya, sedangkan bagian belakangnya menggunakan suspensi monoshock. Sistem pengereman pada bagian depan menggunakan cakram ganda berukuran 320 mm, sementara bagian belakangnya memakai disc tunggal 220 mm. Motor sport ini memiliki bobot mencapai 199 kg.

Motor terbaru Yamaha ini memiliki desain yag lebih landai. Bagian lampu depan telah mendapat sentuhan penyegaran sehingga terlihat lebih segar. Sementara saluran gas buang atau knalpotnya kini berada di samping.

Bagi Anda yang tidak sabar untuk membeli motor ini, jangan khawatir. Pihak Yamaha Indonesia mengatakan bahwa sebenarnya Yamaha YZF-R1 sudah bisa dipesan. Akan tetapi pemesanan hanya berlaku di tempat-tempat tertentu saja. “Hanya dealer-dealer flagship saja, seperti DDS Cempaka Putih,” ujar Masykur.

Source: moto yamaha r1 baru, yamaha motor sport r1,